Tuesday, March 5, 2019

Resep Terong Bakar Sederhana ala Santri yang Enak dan Lezat

Kisah makan siang dgn "Terong Peccek"

Dahulu, semasa di pondok, Terrong Peccek (baca dlm bhs Madura) ini sangat favorit jadi lauk plus sayur.
Beberapa teman yang pernah mondok di Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Situbondo dan lainnya mungkin sudah aangas tidak asing. Bahkan, mungkin ada yang sangat mahir dalam penyajian menu terong bakar sambal kacang ini.
Saya hanya berbagi pengalaman saya yang didapatkan dari teman-teman semasa menimba ilmu di pondok pesantren Badridduja Kraksaan Probolinggo.
Hehehe



Ini dia resep buat Terrong Peccek yg enak.

Bahan.
1. Terong satu buah ukuran sedang
2. Kacang tanah goreng segenggam
3. Garam
4. Cabai

Cara memasak
1. Bakarlah terong di arang atau kompor. (Nb: Kalau pakai kompor gas, sebaiknya diberi alas tutup Priok atau bahan serupa)
2. Tusuk beberapa bagian tubuh si terong. Fungsinya tuk mengeluarkan unsur air di dalamnya.
3. Bolak-balik agar pembakaran merata. Biarkan hingga sampai kulitnya terlihat hangus.
4. Bila sudah masak, segera kupas kulitnya. Nah, bagian ini ada tehnik tersendiri, yaitu jangan mengupas dengan menarik kulit terong dari atas ke bawah. Kupaslah dari bawah ke atas. Jika dikupas dari atas, biasanya isi terong ikut terkelupas juga dan fungsi lainnya supaya kandungan airnya mendapat rongga mengalir ke bawah.

Cara mengolah bumbu dan penyajian
1. Kacang tanah goreng diulek di cobek bersama cabai. Takaran cabai dan garam disesuaikan dgn selera saja.
2. Beri air secukupnya dan ulek kembali. Air hanya untuk mengurangi kekentalan, tapi jangan terlalu cair. Oh ya, ini Jangan sampai terlalu halus juga.
3. Terong yang sudah dikupas tadi kemudian disatukan dengan ulekan kacang. Nah, Ini ada cara spesialnya, yakni jangan potong-potong melainkan seperti disisir dari bagian bawah. Akan beda rasanya bila terong itu di potong atau belah. (Simak tutorialnya di video ya).

Sekadar tambahan, bagi yg suka manis, adukan kacang tadi bisa ditambahkan sedikit kecap ataupun gula.

Oke.
Selamat menikmati terong bakar sambal kacang.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment