Sunday, July 29, 2018

Menulis Skripsi atau Tesis Jadi Gampang dengan Google Cendekia


Yang pertama kali disuruh oleh dosen saat mengajukan judul itu ialah mencari yang belum pernah diteliti oleh orang. Wow... karen yaa. Itulah memang tujuan penelitian ilmiah, yakni membahas hal yang belum pernah dibahas oleh orang lain.

Nah sekarang, yang menjadi pertanyaan, apakah penelitian kita itu memang sesuatu yang baru? Kalau hanya lokasi penelitiannya yang berbeda, berarti tema besarnya kan masih sama. Itu tidak baru. Kalau temanya belum pernah ada yang meneliti, itulah yang betul-betul baru. Kembali pada pertanyaan di atas, sebenarnya tidak ada yang betul-betul baru dalam penelitian ilmiah. Kebaruan itu justru dihasilkan dari penelitian. Sebab itulah pentingnya karya ilmiah.
Kalau kamu tidak percaya, masukkan saja judul penelitianmu pada google cendekia. Ini urlnya scholar.google.co.id. klik saja itu, nanti tuliskan judulmu pada kolom pencirian. Jeng jeng....
Berapa banyak judul penelitian orang lain yang sama dengan judulmu? Pasti banyak sekali. Itu tandanya bahwa judul skripsimu itu juga pernah diteliti oleh orang. Nah, unsur yang beda sedikit itulah sebagi alasan untuk penelitian atau menulis skripsi.
Dari sekian banyak judul penelitian itu, maka manfaatkan lah sebagai referensimu. Lho.... kok bisa. Ya bisa lah, justru itulah yang bagus. Penelitian itu semestinya juga menampilkan hasil penelitian terbaru. Jadi, judul yang mirip dengan yang kamu temukan di Google Cendekia itu kamu jadikan juga telaah pustaka dan juga nanti sebagai referensi. Ingat lho ya.... sebagai referensi, bukan di-copy lalu di-paste di file kerjamu. Kalau itu yg kamu lakukan, itu bisa disebut plagiat. Bacalah referensi itu, kutip atau rujuklah referensi yang tersedia di sana.
Terus bagaimana buat footnote atau daftar pustaka dari Google Cendekia? Sebaiknya baca lagi pedoman penulisan skripsi dari kampusmu karena setiap kampus punya standar yang berbeda.
Ya, ternyata harus dowload file PDF-nya, dan sebagian malah ada yang tak bisa dibuka dan download?! Begitulah kira-kira keluhan yang sering muncul. Gini aja lah, kan yang mirip banyak, carilah file yang lain lagi. Jangan menyerah.

Bonus Referensi dari Google Book
Satu lagi, karena anak zaman now sudah jarang buka buku cetak, maka inilah tips dan triknya merujuk buku di internet. Buka lah Google Book. Cari saja di laman embah Google dengan kata kunci Google book, pasti keluar deh. Langsung saja kamu klik.
Setelah kamu masuk ke lamannya, kamu carilah tema yang kamu inginkan. Biasanya, di Google Cendekia juga akan keluar referensi dari Google Book. Biasanya juga, tulisannya warna hitam saja dan tak bisa di klik. Nah, caranya, coba saja kamu copi judul itu, lalu paste-kan di pencarian google book.
Nah, jika beruntung, kamu akan mendapatkan buku-buku referensi dengan status bebas akses. Dan jika belum beruntung, mungkin kamu akan mendapatkan yang bisa diakses terbatas atau bahkan tidak ada file bukunya di sana—selain judulnya doang.
Kira-kira itu dululah ya... kalau masih belum mau cari tips dan kiat untuk skripsi, tesis dan karya ilmiah lainnya, silahkan saja buka klik link di bawah ini.

Lokasi: Bintan Island, Riau Islands, Indonesia

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment