Friday, September 7, 2018

Cara Jitu Lolos CPNS tanpa Dukun, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini


Banyak orang yang mendambakan untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sehingga setiap kali lowongan CPNS dibuka selalu ramai yang melamar. Wajar saja, sebagian orang menilai PNS itu adalah pekerja dengan masa depan yang lebih jelas dan kerjanya pun tidak terlalu berat.

Terlepas dari persepsi dan motivasi yang menjadi daya pendorong untuk melamar CPNS, harus diketahui bahwa ada beberapa tahapan penting yang dilalui supaya cita-cita dan impian menjadi PNS itu berhasil.
Untuk sampai pada status CPNS, seseorang harus mampu melewati tiga tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, tes CAT, dan wawancara. Kali ini, kita akan membahas tentang persyarata administasi dan CAT saja dulu. Silahkan simak sampai selesai jika ingin lulus.


1. Perhatikan ketentuan dan perysaratan
Menurut kabar-kabari, banyak calon pelamar yang tidak lolos di tahap administrasi karena tidak memperhatikan ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk formasi yang di lamar. Misalnya, dalam ketentuan calon pelamar berijazah S1, tetapi pelamar malah mengirimkan ijazah S2.
2. Lengkapi administrasi
Administasi itu dasarnya ialah pengumuman yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Kita gak perlu mempersiapkan bahan yang tidak ada hubungannya dengan persyaratan administasi. Perhatian lampiran-lampiran dalam lamaran agar tidak ada yang tertinggal ataupun terlupa.
Contoh kasus tidak lengkap yang paling sepele ialah lupa tanda tangan di berkas yang dikirim. Perkara seperti jangan dianggap sepele karena bisa berakibat tidak lolos administasi.
Nah, oleh sebab itu, maka perhatikanlah secara seksama ketentuan yang telah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan persyaratan yang telah ditentuan pada formasi yang dipilih.

Baca juga: Menulis dan Titik Kisar Perjalanan Hidupku

3. Selalu memantau perkembangan
Yang tidak kalah penting dari dua hal di atas ialah memantau perkembangan dari situs resmi BKN. Mengapa diperlukan? Karena bisa saja ada informasi penting yang disampaikan secara mendadak melalui situs tersebut. Misalnya, menurut jadwal, ujian CAT akan digelar di pada 10 Oktober di kota X, namun karena ada kendala, panitia dan BKN memindahkan ke kota Y pada 2O Oktober.
Jika diperhatikan, dalam ketentuan dan pengumuman yang disampaikan BKN atau satuan kerja yang membuka lowongan, selalu ada ketentuan yang berbunyi “ketidaktahuan tentang informasi ini bukan tanggung jawab panitia dan pelaksana.”

Baca juga: Pelatihan bagi CPNS, dari Prajab Menjadi Latsar CPNS



4. Latihan soal-soal CAT
Ujian Computer Assisted Test (CAT) adalah ujian berbasis komputer. Sekadar gambaran, ujian dengan komputer ini tidak ada tambahan waktu karena begitu buka komputer, waktu akan berjalan dan begitu selesai, komputer akan mati dengan sendiri. Satu soal itu memiliki waktu sekitar 40-50 detik.
Mengapa ujian CAT ini penting, karena di sinilah nanti akan dinilai siapa saja yang lulus untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Di sinilah peserta seleksi akan banyak berguguran. Saya menilai bahwa sistem CAT ini lebih transparan. Kalau tidak lulus, ya tidak lulus karena nilai atau hasil langsung diketahui ketika selesai mengerjakan soal.
Nah, agar lebih terbiasa dengan soal-soal yang akan dikerjakan sat CAT, maka perlu latihan. Ada banyak modul soal-soal latihan CPNS, baik online maupun berupa buku. Manfaatkan juga simulasi tes yang disediakan oleh BKN. Klik saja di sini untuk simulasinya http://cat.bkn.go.id/simulasi/.
Kira-kira itulah tips untuk lolos menjadi CPNS. Persiapkan diri dan persyaratannya dan mudahan-mudahan Anda bisa menjadi bagian dari abdi negara. Selamat berjuang dan semoga sukses.[]

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment