Friday, September 7, 2018

Kiat Memilih Formasi CPNS Biar Bisa Lolos jadi PNS


Setiap kali ada lowongan CPNS, jumlahnya selalu banyak. Tahun ini jumlahnya 200 ribu lebih karena seluruh satuan kerja di pemerintah membuka lowongan. Angka 200 ribuan itu biasanya akan diserbu oleh pemar hingga mencapai 3 atau 4 juta. Wow... ternyata banyak yang mendambakan menjadi abdi negara yaaa.... itu cita-cita yang mulia kok.

Jika lowongan CPNS yang dibuka 200 ribuan dan yang melamar ada 3-4 jutaan, berarti berapa orang tuh yang akan tersisih dan kecewa? Jangan sampai kekecewaan itu terjadi pada Anda yang membaca tulis ini. Sebab itulah, saya ingin berbagi tips agar tidak salah memilih formasi CPNS.
Biasanya, pelamar mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan formasi saat akan mendaftar CPNS. Apalagi, sejak 2017, peserta hanya diperbolehkan memilih satu formasi saja, tidak boleh lebih karena sistem akan mendeteksi dan menolaknya. Inilah tipsnya.
1. Pilihlah formasi yang sesuai dengan ijazahmu
Ini pernting karena terkait dengan administrasi. Jangan sok lebay karena justru bisa membuat tidak lolos administasi. Nah, maka perlu diperhatikan persyaratan ijazah. Yang dimaksud pesyaratan ijazah ialah bidang atau keahlian. Misalnya, jika kamu memiliki ijazah guru, jangan melahar formasi teknik. Itu bisa dipastikan tidak akan diterima, walaupun pakai orang dalam.
Selain itu, jika yang dibutuhkan lulusan SMA, jangan melamar pakai ijazah Sarjana. Itu akan sia-sia.
Baca juga: Cara Jitu Lolos CPNS tanpa Dukun, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini
2. Pilih yang saingannya minim
Kalau yang ini sih gampang-gampang susah karena kita tidak tahu berapa orang yang melamar untuk formasi CPNS yang sama dengan kita. Tapi, gampangnya sih begini, biasanya orang bingung antara memilih jabatan struktural ataukan fungsional. Saran saya, pilih saja jabatan fungsional yang sesuai dengan ijazahmu.
Jangan membayangkan jadi pejabat dulu, toh kita masih belum lulus CPNS. Dan jangan merasa pasti diterima karena bapaknya pejabatnya, karena itu bisa menyakitkan hati. Sakitnya tuh di sini. Hehehe
3. Prioritaskan formasi lulusan Cumlaude
Jika Anda lulusan terbaik di kampus, maka utamakan dahulu formasi yang cumlaude ini. Karena ada banyak keuntungan di formasi ini. Misalnya, walau tidak lulus CAT, masih berpeluang dipanggil untuk tes wawancara dan kemampuan bidang. Jumlah total nilainya diakumulasi pada akhir pengumuman.
Baca juga: Pelatihan bagi CPNS, dari Prajab Menjadi Latsar CPNS
Namun, syarat cumlaude yang bisa ikut seleksi di sini di formasi ini ialah prodi dan kampus harus Akreditasi A.
Itulah dulu tips yang bisa dibagikan. Semoga cita-cita menjadi abdi negara bisa tercapai. Semangat dan tetap semangat karena rezeki tidak pernah tertukar. Rezeki telah tersedia untuk kita, namun hanya perlu menjemputnya saja. []

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Post a Comment