Sunday, April 12, 2020

Yang Mau Skripsi dan Tesis Wajib Tahu Syarat Penelitian Ilmiah Ini




Membicarakan tentang penelitian itu bisa dibilang gampang-gampang sudah. Terkesan gampang kalau hanya melihat hasil penelitian orang dan susah bahkan susah banget ketika hendak membuat penelitian sendidi. Tulisan ini sebagai panduan dasar bagi mahasiswa saya yang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian dan mudah-mudahan bisa menjadi bacaan semasa kuliah daring.

Baca juga: Menulis Skripsi atau Tesis Jadi Gampang dengan Google Cendekia


Sebelum melakukan penelitian, maka ada prasyarat yang harus dipenuhi. Bagian ini sangat penting sekali untuk diketahui setiap calon peneliti. Menurut saya, prasyarat sebuah penelitian itu setidaknya ada tiga hal. Ketiga hal ini lebih identik sebagai bahan renungan sebelum mengajukan judul dan sinopsis kepada dosen pembimbing akademik ataupun ke ketua jurusan.

Pertama, belum pernah diteliti. Kemudian muncul pertanyaannya, penelitian seperti apakah yang belum pernah diteliti? Meneliti sesuatu yang betul-betul baru itu bukanlah agak mustahil. Penelitian yang baru itu sebenarnya melanjutkan hasil penelitian yang terlebih dahulu. Oleh sebab itu, diperlukan telah pustaka yang baik untuk mengetahui cela yang belum belum diteliti oleh lain.  Jikalau tidak baru, maka penelitian itu akan disebut sebagai plagiat dan tidak memiliki kontribusi terhadap ilmu pengetahuan.

Baca juga: Menyelesaikan Skripsi itu Gampang. Ini Obatnya


Kedua, data tersedia. Terkadang kita terbayang sebuah penelitian yang belum pernah diteliti oleh peneliti sebalumnya. Tentu kita sangat bahagia dan merasa judul yang dipilih dari “bayangan” itu akan diterima oleh pembimbing akademik dan ataupun oleh ketua jurusan/prodi. Namun, ketika ditanya, “apakah datanya ada?” Nah, di sinilah sering kali tak mampu dijawab denga baik. Karena itu, sebelum mengajukan judul, ada baiknya mempertimbangkan soal data. Sebuah penelitian tidak akan disebut penelitian apabila tidak ada datanya. Lho... apa yang mau diteliti jika datanya saja tidak ada. Apa yang mau dianalisa jika datanya saja tidak ada.  

Ketiga, memiliki signifikanksi. Ini bagian penting jika dua hal di atas tadi ternyata tersedia. Maka perlu dicarikan signifikansi penelitian ini secara baik. Jika ada sesuai yang baru, tentu ada kontribusinya untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Jika ada data, tentang akan melahirkan buah pemikiran dari perspektif yang berbeda. Dan bagian yang paling penting dari signifikansi ialah apakah penelitian ini sesuai dengan bidang keilmuan? Jika berkesesuian, maka akan memiliki signifikansi.

Baca juga: Asyiknya Menulis Resensi Buku


Tiga hal ini nantinya juga akan dituangkan dalam proposal penelitian sehingga kita perlu memperhatikan seksama jika hendak melakukan penelitian. Jangan asal bikin judul dan asal jadi saja, sebab yang akan melakukan penelitian adalah kita sendiri.

Nah, tips untuk mencari tema atau judul penelitian yang utama ialah kita menyukai dan memahami tema yang kita ambil. Kemudian, tema haruslah mikro dalam pembahasan, tidak boleh ambil tema terlalu makro karena nanti akan menimbulkan banyak persoalan.

Inilah sebagian yang perlu diperhatikan sebagai prasyarat untuk menentukan judul penelitian. []

8 comments:

  1. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwasanya sebuah penelitian itu dianggap benar?
    Adakah kriteria-kriteria tertentu agar penelitian itu dianggap benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setelah prasyarat, ada beberapa syarat lagi agar penelitian itu bisa sebut ilmiah. Di antaranya,
      1. Memiliki teori dan atau hipotesa
      2. Ada rumusan atau problem yang hendak dijawab
      3. Tedapat metode
      4. Sistematis
      Ulisan tentang ini akan saya unggah di lain waktu.

      Delete
  2. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwasanya sebuah penelitian itu dianggap benar?
    Adakah kriteria-kriteria tertentu agar penelitian itu dianggap benar

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwasanya sebuah penelitian itu dianggap benar?
    Adakah kriteria-kriteria tertentu agar penelitian itu dianggap benar

    ReplyDelete
  4. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwasanya sebuah penelitian itu dianggap benar?
    Adakah kriteria-kriteria tertentu agar penelitian itu dianggap benar

    ReplyDelete
  5. Bagaimana cara untuk mengetahui bahwasanya sebuah penelitian itu dianggap benar?
    Adakah kriteria-kriteria tertentu agar penelitian itu dianggap benar

    ReplyDelete
  6. Pak bagai mana proses/mekanisme dalam mencari data yg sesuai dengan judul yg akan diteliti? Terkadang saya sulit dalam mendapatkan data dan judul pun berubah ubah pak.

    ReplyDelete