Sabtu, 15 Mei 2021

Kiat dan Tips Menulis Penilaian Diri saat Daftar Beasiswa LPDP


Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) termasuk yang paling banyak ditunggu oleh para pemburu beasiswa. Alasannya, beasiswa LPDP ini memberikan peluang bagi kandidat yang memenuhi kualifikasi untuk kuliah di perguruan tinggi beken di dalam maupun di luar negeri. Mak, tidak heran apabila banyak yang menanti untuk bisa bersaing mendapatkan beasiswa dari LPDP.

Setiap tahunnya, LPDP selalu memperbaikan sistem dan pola perekrutan. Tahun 2021 ini, sistem dan polanya juga berbeda. Setidaknya hal itu yang disampaikan oleh beberapa teman saya, yang sudah pernah mengikuti tes beasiswa LPDP ini. Ya, namanya juga berjuang, terkadang membuahkan hasil dan terkadang belum berhasil.

Dalam tulisan ini, saya hendak berbagi kiat dan tips pengisian untuk tahapan lanjutan setelah tahapan pendaftaran di leman resmi https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  dan tahapan pendaftaran beasiswa. Artinya, sebelum langkah ini, Anda haruslah terlebih dahulu melakukan dua tahapan tersebut. Silakan baca tentang ini di link di bawah ini.

Baca:  Beasiswa LPDP 2021 Sudah Dibuka Per 2 Mei, Ini Kategori yang Tersedia

 

Sedangkan bagian ini adalah tahapan ketiga dari proses pendaftaran beasiswa di LPDP. Di bagian ini, ada lima formulir isian yang harus diisi, yakni Penilaian Diri, Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan, Pengalaman Organisasi, Informasi Lainnya, Dokumen dan terakhir ialah Submit Pendaftaran.

 

Pada tulisan kari ini, saya akan berbagi tentang info cara mengisi “Penilaian Diri”. Di formulir ini ada sembilan (9) isian yang perlu dituliskan. Nah, mernurut informasi dari teman yang mengikuti seleksi sebalum 2021 ini, format ini tidak ada. Namun, bahan pertanyaan di formulir ini adalah bahan acuan saat memasuki tahapan interview atau wawancara.

Secara garis besar, format ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama tentang penilaian diri yang meliptui kelebihan dan kekurangan serta pengalaman menerima beasiswa. Gambar di atas adalah petikan layar untuk bagian ini.

 

Yang kedua adalah contoh pengalaman. Di sini ada enam kolom yang harus diisi semua. Apabila tidak diisi, tentu akan mempengaruhi nilai Anda. Berikut tampilannya.

 

Dari tampilan di atas, tentu Anda sudah paham tentang apa saya yang harus diisikan di masing-masing kolom itu. Nah, berikut ini adalah tipsnya. 

1. Buatlah terlebih dahulu narasi di dokumen word. Mengapa? Karana menurut pengalaman beberapa teman, ketika kita telah melakukan pengisian dan mengalami kegagalan saat hendak menyimpan, isian itu menjadi hilang. Dan tentu akan repot sekali bila harus menuliskan ulang narasi yang telah kita curahkan dengan baik itu.

2. Dalam membuat narasi, sebaiknya dituliskan secara singkat dan padat sesuai dengan yang ditanyakan dalam formulir itu.



3. Khusus untuk bagian “Kelebihan” dan “Kelemahan”, Anda hanya bisa menulis sebanya 250 karakter saja. Apabila melebihi jumlah karakter tersebut, maka aplikasi tidak mau menyimpan dan hal ini akan membingungkan bagi belum baca tips ini. Hehehe

4. Tuliskan narasi sesuai dengan pengalaman Anda dan tidak usah terlalu berlebihan. Sebab bisa jadi hal ini akan menjadi penilaian saat wawancara nanti. Yang paling penting dari narasi Penilaian Diri ini adalah kejujuran Anda.

5. Sebaiknya periksa kembali hasil narasi atau ketikan Anda di masing-masing kolom itu, baik untuk pemeriksaan kelogisan bahasa, ataupun terkait kesalahan tulis (typo). Semakin minim kesalahan, tentu akan semakin besar peluang untuk lulus.

Itu beberapa kiat dan tips yang bisa kami bagikan untuk para pemburu beasiswa LPDP. Apabila Anda masih kesulitan menuliskan narasi, tidak ada salahnya meminta bantuan teman untuk mengoreksikan narasi yang telah dibikin dalam dokumen itu.

Apabila ada yang punya pengalaman berbeda dalam kiat mengisi bagian Penilaian Diri ini, silakan berikan komentarnya di kolom di bawah.
Semoga tulisan ini membantu.

Semangat berjuang untuk mendapatkan beasiswa.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar